Minggu, 30 April 2017
Tanya Jawab PDF Cetak Surel
Ditulis oleh administrator   
Rabu, 29 Juli 2015 20:10

PERMASALAHAN ALIRAN AIR

A. Mengapa air tidak mengalir?

Penyebab air tidak mengalir pada pelanggan adalah :

  • Permasalahan di sistem perpipaan pelanggan.
  • Stopkran yang ada di pelanggan rusak (dalam posisi (tertutup).
  • Terjadinya bocoran pada pipa persil.
  • Permasalahan pada sistem perpipaan dinas (primer, sekunder, tersier)
  • Adanya penghentian aliran dalam rangka perbaikan pipaAdanya gangguan pada sistem perlengkapan pipa (tersumbatnya aliran air oleh benda-benda padat, air valve tidak berfungsi sehingga terjadinya sumbatan udara).
  • Permasalahan pada sistem produksi.
  • Turunnya debit produksi akibat perubahan musim.
  • Adanya gangguan pada pompa sumur bor dalam.d. Permasalahan pada sistem pipa transmisi air baku.
  • Perbaikan pada pipa transmisi.Terganggunya fungsi perlengkapan pipa (valve, air valve, wash-out).


B. Mengapa air mengalir tidak setiap saat ?

Pada saat ini debit air baku yang diolah oleh PDAM belum memungkinkan untuk menjangkau seluruh area pelayanan dengan pengaliran 24 jam. Sehingga beberapa area pelayanan dilakukan pengaturan waktu pengaliran dan durasi (lamanya) pengaliran. Hal ini untuk mendapatkan tekanan air yang cukup, sehingga pengaliran dapat dilakukan. Penjelasan tidak dapat berlaku umum, perlu diteliti dahulu sumber masalahnya.

C. Mengapa sambungan air minum diputus ?

  • Pelanggan mengajukan penghentian sementara (PS).
  • Pelanggan mempunyai tunggakan rekening air minum
  • Masyarakat melakukan pencurian air melalui sambungan liar
  • Penjualan air tanpa seijin PDAM

D. Mengapa tekanan tidak stabil ?

  • Tekanan air pada perpipaan sangat tergantung pada debit produksi, elevasi (ketinggian) lokasi pelanggan, dan jarak lokasi pelanggan.
  • Debit produksi menurun, tekanan di pelanggan akan turun.
  • Elevasi tempat tinggal pelanggan lebih tinggi dari pelanggan lainnya, akan mendapatkan tekanan yang lebih rendah.
  • Jarak pelanggan dari pusat produksi air yang lebih jauh dari pelanggan lainnya, akan mendapatkan tekanan yang lebih rendah.


PERMASALAHAN METER AIR


A. Mengapa Meter Air Buram ?

  • Pemasangan tidak standar meter air dibawah bak.
  • Terendam air.
  • Suhu melebihi kapasitas meter yang telah ditentukan (kondisi lembab).
  • Kaca meter retak.
  • Tidak pakai pelindung box meter.

B. Mengapa Stand Meter tidak sesuai denganvolume air yang diterima ?

  • Pipa persil bocor.
  • Meter air atau stop kran bocor.
  • Tekanan lebih besar daripada debit.
  • Meter berputar karena tekanan udara khusus untuk wilayah yang pendistribusian airnya digilir.
  • Telah melebihi umur teknis Metrologi Legal (akurasi lebih)

C. Mengapa kran sudah dimatikan jarum Meter Air tetap berputar ?

  • Pipa persil bocor.
  • Sambungan setelah meter air bocor.
  • Kran dalam kondisi rusak.

 D. Mengapa Meter Air disegel Metrologi ?

  • Untuk perlindungan pelanggan sesuai
  • UU Perlindungan Konsumen.
  • Tanda legal bahwa Meter Air bisa digunakan.
  • Sebagai jaminan dan pemeliharaan Meter Air untuk pelanggan.

E. Mengapa Meter Air harus ditera ?

  • Amanat UU No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal
  • Menguji AKurasi Meter Air
  • Meter Air harus memenuhi persyaratan akurasi yang diatur oleh SK Direktur Metrologi No. 920/Dir Met/III/1997, syarat-syarat teknis khusus Meter Air

F. Mengapa Meter Air Hilang ?

  • Pencurian karena bahan Body Meter terbuat dari kuningan.
  • Tidak menggunakan pengamanan seperti Box Meter, maupun Bak Kontrol Meter Air.

G. Mengapa Meter Air harus dijaga/diawas oleh pelanggan ? Pencatatan Meter Air supaya sesuai dengan pemakaian yang tertera di rekening.

  • Jika ada kerusakan, dapat lebih cepat diketahui.

H. Bagaimana caranya mengajukan tera ulang ?

  • Melapor ke Bagian Meter & Penertiban Jaringan dengan membawa data pelanggan (Rekening Air) dengan jenis pengaduan keraguan akurasi Meter Air.

I. Bagaimana mengajukan penggantian Meter Air?

  • Melapor ke Bagian Meter & Penertiban Jaringan dengan syarat meter rusak fisik : mati, buram, bocor dan masa pakai sudah melebihi waktu yang ditentukan (5 tahun).


PERMASALAHAN KUALITAS AIR

A. Mengapa air dirumah keruh ? 

  • Pengaruh adanya pekerjaan perbaikan jaringan pipa distribusi di lapangan.
  • Adanya kebocoran pipa distribusi di lapangan, yang terinfiltrasi oleh lumpur/tanah dan atau tercemar oleh limbah air kotor.
  • Pengaruh/dampak sampingan proses pencucian filter di Instalasi Pengolahan Air Minum.

Catatan :
Sebagai informasi tambahan, bahwa PDAM Kota Bandung sudah melaksanakan proses pengolahan air minum di semua Instalasi Produksi dengan kualitas tingkat kekeruhan di bawah 2 NTU. (Standar PerMenKes No. 492/2010 adalah 5 NTU)

B. Mengapa air bau kaporit ?

  • Adanya pembubuhan bahan kimia desinfektan (Gas Khlor, Kaporit) pada proses pengolahan air minum.
  • Air yang sehat dan memenuhi peryaratan kesehatan adalah air minum yang masih mengandung sisa khlor (Berbau Kaporit)

C. Bagaimana jika ingin mengajukan pemeriksaan kualitas air ?

  • Bagi Pelanggan ajukan ke Laboratorium PDAM Kota Bandung. (Jl. Badaksinga No. 10 Bandung)
  • Bagi Non-Pelanggan ajukan ke LPKL (Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan) PDAM Kota Bandung. (Jl. Atlas No. 6 Antapani-Bandung Tlp. 022-7219399)
  • Laboratorium DinKes Kota Bandung. (Jl. Sederhana No. 2 Bandung)

D. Bagaimana mengajukan saran teknis ?

  • Dapat diajukan secara tertulis atau datang langsung untuk meminta penjelasan teknis ke unit kerja terkait.

 

PERMASALAHAN REKENING AIR

A. Mengapa Rekening Air melonjak tinggi ?

  • Adanya kebocoran persil yang terlambat diketahui pelanggan (misalnya : pipa persil bocor, kran air yang rusak, kerusakan pelampung toilet dan reservoar, kebocoran bak penampung).
  • Adanya kealpaan pelanggan (penghuni) yang lupa menutup kran.
  • Terjadinya Taksasi (perkiraan) oleh pencatat akibat rumah dikunci.
  • Kesalahan dalam mencatat Stand Meter akibat letak meter yang tidak standar (misalnya : meter air yang berada di dalam bak).
  • Tekanan udara akibat pendistribusian air yang digilir.

B. Bagaimana cara mengajukan pengaduan atas rekening air yang Melonjak ?

  • Pelanggan mengajukan keberatan terhadap besaran pembayaran rekening yang "tidak sesuai" dengan (logika)
  • pemakaian wajar yang ditujukan langsung kepada Seksi Pengaduan Bagian Langganan.
  • Petugas pengaduan membuat Berita Acara pengaduan yang disesuaikan dengan kemungkinan terjadinya lonjakan pembayaran tersebut.

Ada 3 (tiga) faktor penyebab pelanggan mengajukan reduksi, yaitu :
1. Faktor Teknis (Kondisi air, Fisik meter air & Tekanan).
2. Faktor Non-Teknis (Kesalahan pencatatan meter / human error maupun Taksasi).
3. Faktor Pelanggan (Kondisi dan kemampuan pelanggan dalam membayar rekening)
Petugas lapangan dari Bagian Pencatat Meter melakukan pengecekan langsung ke lokasi pelanggan & membuat Berita Acara bersama yang ditandatangani oleh pelanggan yang bersangkutan

C. Pemesanan air melalui mobil tangki?

  • Pelanggan / masyarakat yang membutuhkan pelayanan mobil tangki PDAM datang langsung atau dapat menghubungi Kantor Seksi Pelayanan Air Tangki & MCK dengan No. Telp 022-2507993 (24 Jam / Non-Stop).
  • Pelanggan diharapkan membeli air mobil tangki sesuai dengan kapasitas reservoar yang dimilikinya.
  • Dalam hal pembayaran, pelanggan dapat membayar ditempat & atau pada saat selesai pengiriman layanan air tangki.
  • Adapun besaran biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan disesuaikan dengan Keputusan Direksi (Terlampir) & petugas wajib memberikan kwitansi / faktur pembayaran resmi.




Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 29 Juli 2015 20:55