Rabu, 01 Maret 2017
LPKL PDF Cetak Surel
Ditulis oleh administrator   
Jumat, 31 Juli 2015 07:53


Kepanjangan dari Laboratorium Pengendalian Lingkungan.Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, PDAM Kota Bandung bukan saja dituntut untuk dapat melayani penyediaan air minum dari sisi kuantitas air yang didistribusikan kepada pelanggan, tetapi PDAM Kota Bandung juga dituntut untuk dapat menjaga dan memperbaiki kualitas air minum baik secara fisika, kimia maupun secara mikrobiologi sehingga dapat menumbuhkan rasa aman bagi pelanggan dalam memanfaatkan jasa penyediaan air minum yang diselenggarakan oleh PDAM Kota Bandung untuk kebutuhan sehari hari.

Dengan di keluarkannya PERMENKES No 907 Tahun 2000 tentang persyaratan air minum dan tata cara monitoring kualitas air baku dan air produksi yang wajib dilaksanakan oleh PDAM serta mulai digalakkannya perlindungan terhadap konsumen oleh YLKI, maka PDAM Kota Bandung harus dapat meningkatkan kegiatan monitoring kualitas air baku maupun air produksinya, baik dari banyaknya contoh uji yang diambil maupun banyaknya parameter (kimia, fisika dan mikrobiologi) yang harus diperiksa.

Berdasarkan ketentuan tersebut diatas, maka PDAM Kota Bandung harus melakukan monitoring dengan melakukan pengujian laboratorium terhadap lebih dari 400 sampel dalam satu bulan dengan jumlah parameter kimia, fisika dan mikrobiologi yang telah ditetapkan dalam PERMENKES tersebut diatas. Perhitungan jumlah contoh uji tersebut berkaitan dengan kapasitas produksi dan jumlah pelanggan yang dilayani oleh PDAM Kota Bandung saat ini.

Untuk dapat melaksanakan kegiatan monitoring tersebut PDAM Perlu didukung oleh sebuah laboratorium dengan jumlah personil dan kompetensi personil yang memadai serta ketersediaan peralatan pengujian dan bahan kimia laboratorium yang disesuaikan dengan banyaknya parameter kimia, fisika dan mikrobiologi yang harus diperiksa.

Selain dari ketersediaan sarana, prasarana dan personil laboratorium yang memadai, PDAM juga harus mengakreditasikan laboratoriumnya sebagai laboratorium penguji untuk mendapat pengakuan secara hukum dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sehingga hasil uji terhadap contoh uji air produksi yang dikeluarkan oleh laboratorium PDAM dapat dipercaya oleh semua pihak yang berkepentingan.

Di sisi lain PDAM Kota Bandung sering mendapatkan permohonan pengujian air oleh masyarakat atau pihak swasta serta instasi pemerintah lainnya. Fenomena tersebut dapat diartikan bahwa secara non formal laboratorium PDAM sudah dipercaya oleh masyarakat.

Kondisi tersebut merupakan sebuah peluang untuk PDAM dapat mengembangkan usaha lainnya, yaitu membentuk laboratorium umum yang dapat memberikan layanan ganda yaitu melayani PDAM untuk kebutuhan internal dan penyediaan jasa pengujian laboratorium untuk kepentingan umum. Hal tersebut dianggap realistik ketika melihat PDAM Kota Bandung yang telah memiliki tiga laboratorium walaupun dengan segala keterbatasannya dapat digabungkan menjadi sebuah kesatuan, tentunya dapat dijadikan modal dasar pembentukan laboratorium yang mampu melayani kepentingan umum.

Pada tahun 2003, PDAM Kota Bandung membentuk Pilot Projek Unit Bisnis Laboratorium dengan nama Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan yang memberikan layanan jasa pengujian kualitas air dan udara. Maksud dan tujuan pembentukan unit bisnis tersebut adalah sebagai berikut :

  • Sebagai penghematan struktur organisasi laboratorium PDAM
  • Sebagai penghematan anggaran laboratorium
  • PDAM dapat memiliki laboratorium yang kompeten untuk melaksanakan pengujian internal.
  • PDAM dapat mempunyai tambahan pendapatan dari hasil pemanfaatan laboratorium PDAM oleh masyarakat.
Profil LPKL :
Nama Laboratorium:Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan (LPKL)
Alamat Laboratorium:

Jl. Atlas Raya No. 6 Lantai 2 Antapani - Bandung

web : http://www.lab-pkl.co.id/

SK. Pendirian:SK. Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung No. 469 Tahun 2003
Ijin Operasional:
No. 445/2561 - Dinkes Dinas Kesehatan Kota Bandung
Akreditas:Badan Akreditas Nasional (BAN) / Komite Akreditasi Nasional (KAN)
NPWP:No. 01.143.018.8-423.000 Kantor Pelayanan Pajak Bandung Cab.Cibeuying
Surat Ijin Gangguan (SIG/HO):No. 517/5I 2444/KPMD/2007
SIUP:510/2-0341/22007/3541-BPPT/2010
TDP:No. 101167500148
Dokumen UKL/UPL:No. 736. 1 Tahun 2003 BPLH Kota Bandung
Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 15 Desember 2015 21:27