Rabu, 01 Maret 2017
PDAM Tirtawening Kota Bandung Menjalin Kerjasama Dengan Manila Water PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Byu   
Rabu, 30 November 2016 03:36

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, progress proyek percontohan di Perumahan Pondok Bentang Asri RW 09 Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal menunjukkan hasil menggembirakan,“Hasilnya cukup positif, dalam waktu satu setengah bulan, tim Manila Water mampu menurunkan tingkat kehilangan air hingga 23 persen,” kata Sonny di Kantor Kecamatan Batununggal pada, Kamis (24/11/2016) malam.

Menurut Sonny, tingkat kebocoran penyaluran air bersih kepada pelanggan di wilayah Martanegara sebelumnya mencapai 59 persen. Sehingga upaya penekanan kebocoran air bersih ini diharapkan tidak berhenti di angka 23 persen,“Tentunya kinerja yang baik ini saya harapkan tidak berhenti. Saya harapankan bisa di angka paling maksimum. Karena kehilangan air itu sama dengan kehilangan rupiah,” ucapnya.

Sonny menambahkan, apabila Tim Manila Water dianggap mampu menekan kebocoran air bersih pada proyek percontohan ini, tidak menutup kemungkinan PDAM Tirtawening Kota Bandung akan menjajaki kerjasama yang lebih luas,“Kalau kita anggap Manila Water mampu mengilangkan kebocoran semaksimal mungkin dan dapat menghasilkan profit lebih banyak, bukan tidak mungkin di 2017 kita akan melakukan kerjasama yang lebih luas lagi,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Manila Water Pieter Tobing mengemukakan soal penyebab hilangnya air bersih yang menyentuh angka 59 persen di Perumahan Pondok Bentang Asri. Ia mengatakan, tingkat kehilangan air lebih disebabkan oleh kondisi fisik,“Menurut analisa kita, kebocoran lebih disebabkan oleh fisik yang berhubungan dengan infrastruktur seperti usia tua pipa dan meteran yang sudah tidak akurat. Sisanya, ada juga kebocoran komersial seperti pengambilan air secara illegal,” kata Pieter.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 30 November 2016 06:13