Rabu, 01 Maret 2017
Ketentuan dan Himbauan PDF Cetak Surel
Ditulis oleh administrator   
Rabu, 16 May 2012 07:57

Pelanggan mempunyai kewajiban;

  • Menyediakan instalasi persil air minum dan air limbah atas biaya pelanggan
  • Membayar biaya pemasangan sambungan langganan air minum dan membayar biaya supervisi penyambungan saluran air limbah sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Membayar rekening air minum dan pelayanan air limbah serta biaya pelayanan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.Selain membayar rekening air minum, dalam hal tertentu pelanggan dapat dikenakan biaya jasa pelayanan lainnya, yaitu :

  1. Biaya pembukaan kembali apabila meter air pernah ditutup oleh PDAM Tirtawening karena pelanggan menunggak pembayaran.
  2. Biaya balik nama.
  3. Biaya penggantian meter air apabila hilang atau rusak atas kesalahan pelanggan.
  4. Biaya tera meter atas permintaan pelanggan.
  5. Biaya tambahan kelambatan pembayaran.
  6. Biaya ganti rugi atas kesalahan dan atau kelalaian pelanggan terhadap sambungan langganan yang menimbulkan kerugian bagi PDAM Tirtawening.
  • Memberikan ijin kepada PDAM Tirtawening untuk memeriksa sambungan langganan dan pipa persil guna memastikan agar sambungan langganan berfungsi dengan baik.
  • Memelihara sambungan langganan persil sampai dengan meter air agar selalu dalam keadaan baik atas biaya pelanggan.
  • Melaporkan kepada PDAM Tirtawening apabila terdapat sambungan langganan yang mengalami gangguan.


Pelanggan berhak :

  • Mendapatkan pelayanan yang baik dan jujur dari PDAM Tirtawening.
  • Mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi, prosedur pemasangan, pemakaian dan pemanfaatan fasilitas pelayanan PDAM Tirtawening.
  • Mendapatkan informasi tentang besarnya rekening air dan biaya pelayanan lainnya yang harus dibayar pelanggan.
  • Mengajukan pengaduan tagihan apabila diyakini bahwa tagihan rekening tidak sesuai dengan penggunaan.
  • Mengajukan pengaduan apabila pelayanan mengalami gangguan.
  • Mengajukan permohonan secara tertulis kepada PDAM Tirtawening apabila melakukan pemindahan atau perubahan terhadap jaringan sambungan langganan.
  • Mengajukan permohonan secara tertulis kepada PDAM Tirtawening apabila pelanggan melakukan balik nama atau perubahan lainnya.
  • Mengajukan permohonan berhenti sementara untuk jangka waktu paling lama 6 (enam) bulan, dengan ketentuan terlebih dahulu melunasi seluruh kewajibannya.
  • Mengajukan permohonan aktif kembali sebagai pelanggan apabila terjadi pemutusan apapun dengan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.
  • Mengajukan permohonan sambungan rumah melalui jaringan perpipaan di wilayah yang sudah ada jaringan perpipaan air limbah PDAM Tirtawening.
  • Melaksanakan pemasangan dan penyambungan saluran alir limbah ke saluran air limbah PDAM Tirtawening dan diawasi oleh petugas dari PDAM Tirtawening setelah memenuhi persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Menerima penyedotan tangki septik bagi pelanggan air minum yang tidak terjangkau jaringan pipa air limbah.


Pelanggan bertanggung jawab :

  • Kerusakan atau gangguan pada sambungan langganan setelah meter air.
  • Kerugian yang dialami pelanggan karena kebocoran, kerusakan dan gangguan pipa persil.
  • Kerusakan atau kehilangan atau berubahnya posisi unit pelayanan.
  • Kerugian dalam bentuk apapun yang mungkin atau telah diderita pelanggan karena kerusakan atau kesalahan pelanggan dan/atau keadaan memaksa.
  • Kerusakan atau sumbatan aliran pada pipa persil air limbah.
  • Atas kerugian yang dialami oleh pelanggan karena kebocoran, kerusakan atau gangguan pada pipa persil.


Pelanggan dilarang :

  • Mengambil/memanfaatkan air tanpa melalui meter air.
  • Membuka dan/atau merusak segel yang terdapat pada instalasi meter air.
  • Memindahkan letak/posisi, membuka/mencabut dan/atau merusak meter air.
  • Menyedot air langsung dari pipa sambungan langganan dengan pompa penyedot.
  • Menjual air minum dari PDAM Tirtawening tanpa seijin PDAM Tirtawening.
  • Menyambungkan pipa sambungan langganan ke persil yang lain tanpa seijin PDAM Tirtawening.
  • Melakukan perusakan terhadap jaringan sambungan langganan.
  • Menyambung sendiri sambungan langganan apabila sedang ada pemutusan sambungan langganan yang dilakukan oleh PDAM Tirtawening.
  • Memasukkan air limbah selain limbah domestik ke dalam saluran air limbah PDAM Tirtawening.
  • Menyambungkan sendiri saluran air limbah persil ke saluran PDAM Tirtawening tanpa seijin PDAM Tirtawening.


Himbauan-himbauan :

  • Waspada dan hati – hati terhadap oknum yang mengatasnamakan pegawai PDAM Kota Bandung dengan modus operandinya mendatangi rumah pelanggan dan menawarkan jasa kemudahan untuk menyelesaikan berbagai urusan PDAM dimana ybs. Membawa blangko Surat Pemeriksaan yang dibuat sendiri atas penyelesaian pekerjaan biasanya oknum tersebut meminta imbalan uang tanpa disertai pembayaran yang sah dari PDAM.
  • Seluruh transaksi pembayaran apapun hanya dilakukan diloket Pembayaran Pusat maupun di Kantor Kas Pembantu dengan diberikan Bukti pembayaran yang sah dari petugas loket.
  • Setiap pengaduan berbagai urusan PDAM hendaknya berhubungan langsung dengan petugas di loket pengaduan dengan mengisi formulir yang disediakan.
  • Seluruh pegawai PDAM Kota Bandung mengenakan Identitas berupa :
  • Pakaian seragam ke atas warna biru muda kebawah warna biru tua
  • Kartu Identitas sebagai pegawai PDAM yang ditandatangani oleh Direktur Utama PDAM
  • Apabila ditemukan hal-hal sperti tersebut diatas dimohon masyarakat tidak segan-segan melaporkan kepada aparat kepolisian setempat atau langsung ke PDAM Kota Bandung Cq. Sub.Bid Pengamanan PDAM Tirtawening Jl. Badaksing No.10 Bandung Tlp. 2509030 – 2509032 – 2503582 dengan dilengkapi identitas pelaku serta bukti – bukti yang jelas dan lengkap.


Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 03 Juni 2012 10:02