Selasa, 25 Juli 2017
Air Minum dalam Kemasan PDF Cetak Surel
Ditulis oleh administrator   
Jumat, 25 May 2012 09:24

LATAR BELAKANG

 

Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan serta semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan terutama dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk minum. Sementara dilain pihak persediaan air tanah yang selama ini menjadi sumber utama air minum telah mengalami pencemaran. Produk air minum yang dikenal sebagai air minum dalam kemasan (AMDK) merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalahan di atas yaitu produk AMDK dapat langsung diminum karena telah melalui proses produksi yang higienis.

STATUS AMDK PDAM Kota Bandung


Nama Perusahaan                                

 AMDK PDAM Kota Bandung

Alamat kantor                                       

Jl. Sersan Bajuri No. 5 Bandung            

Tel                                                       

 (022) 2018145, 2018119 dan

Fax                                                      

(022) 2018909

Ijin Operasional                                    

Keputusan Direksi PDAM Kota Bandung

Surat Ijin Gangguan                              

No. 503/IG – 1998/BPPT

Surat Ijin Usaha (SIUP)                          

No. 510/3-0050/2003/1935-BPPT

Tanda Daftar Perusahaan                      

No. 101161500147

Sertifikat Penggunaan Produk Tanda SNI           

No. 001/W/VIII/2011

Standar Nasional Indonesia (SNI)                      

No. 01-3553-2006.

Sistem Manajemen Mutu                       

Pernyataan Diri SNI 9001 2008/ISO 9001

Persetujuan Pendaftaran BPOM            

No. PO.01.02.51.920.PKPI/MD/04/03/1842

           

 

Hanaang                                              

No. MD 249110001690

 Watermed                                           

No. MD 249110002728

Sertifikat Halal                                      

No. 0112101252205

Sertifikat Pengujian Kualitas Air             

No. 00190.08.00343

Sertifikat Merk (Departemen Kehakiman)

 Watermed  &  Hanaang  No. 539999


PRODUK

PDAM Kota Bandung turut berkontribusi dengan memproduksi AMDK yang ditawarkan kepada masyarakat dalam bentuk kemasan gelas (cup 220 ml) dan kemasan gallon (19 liter) dengan merk dagang yaitu WaterMed dan Hanaang yang diproduksi secara higienis dengan mengacu pada standar mutu yang disesuaikan dengan SNI 01-3553-1996 dan terdaftar pada BPOM Depkes RI dengan Nomor MD 249110002728(WaterMed) dan MD 249110001690 (Hanaang).

Air baku yang digunakan berasal dari MATA AIR CIWANGUN dan CIBADAK yang berada di kawasan Lembang Jawa Barat.

LABORATORIUM

Mengacu pada SNI 01-353-1996 dan keputusan Mentri Perindustrian dan perdagangan Republik Indonesia nomor :  167/MPP/Kep/5/1997 tentang persaratan Teknis Industri dan Perdagangan Air Minum Dalam Kemasan, maka kontrol kualitas diawasi secara ketat oleh petugas yang berpengalaman dengan menganalisa parameter uji dengan Fasilitas :

·                Laboratorium Kimia – Fisika

·                Laboratorium Mikrobiologi

dan selain itu juga melakukan kerjasama dengan Laboratorium Air terakreditasi lainnya

Produksi Rata-Rata dalam 3 bulan Januari s/d Maret 2012

·     Watermed          =   5.085 Galon

·     Hanaang            = 10.114 Galon

·     Cup Hanaang     =   2.560 karton

·     Maklon Galon     =   2.350 Galon

POLA PEMASARAN

1.         Direct Selling : Pemasaran dengan sistem menggerakan tenaga sales force.

In Direct Selling : Pemasaran dilakukan dengan sistem seleksi dan  penunjukkan    penyalur, dimana sarana dan prasarana diadakan oleh penyalur.

Wilayah Pemasaran Di Kota Bandung terbagi 6 Wilayah :

               Bojonegoro

               Cibeunying

               Gede Bage

               Tegal Lega

               Ujung Berung

               Karees

DAERAH PEMASARAN WILAYAH PRIANGAN

               Garut

               Sumedang

               Majalengka

               Cianjur

               Purwakarta

Strategi Pengembangan AMDK Tahun 2012

               Peningkatan pendapatan sebesar  20 % per tahun

               Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia

               Mengoptimalkan kapasitas produksi

               Memperbesar segmentasi pasar

               Pembentukan distributor

               Meningkatkan kualitas produk

               Meningkatkan sistem pelayanan terhadap konsumen

               Mengoptimalkan survey kepuasan pelanggan secara periodik

               Menambah investasi

 


Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 02 Agustus 2015 14:38